Cara Menghindari ‘Duplicate Content’ pada Addon Domain Anda

July 18, 2021

Dalam faktanya, jika Anda telah berhasil membuat addon domain di cPanel eksisting yang Anda miliki maka ia akan otomatis membuat sebuah sub domain. 

Misal Anda telah membuat addon domain dengan nama “addondomain.com” pada domain “example.com” maka akan otomatis tercipta sub domain “addondomain.example.com”. Sehingga Anda dapat mengakses sub domain tersebut dalam berbagai cara, seperti addondomain.com (tanpa atau dengan www), addondomain.example.com, dan example.com/addondomain.com.

Dampak negatif dari penggunaan berbagai akses berbeda untuk konten yang sama adalah adanya duplicate content yang kurang menguntungkan dalam aspek ranking Google dan SEO. Sekali lagi, sebagai contoh, sebuah addon domain “pojokasuransi.com” ketika diinstall di domain utama (main domain) “anytutorial.net” dapat diakses dengan beberapa URL yang berbeda yaitu :

http://pojokasuransi.com
http://pojokasuransi.anytutorial.net
http://www.pojokasuransi.anytutorial.net
http://www.anytutorial.net/pojokasuransi.com
http://anytutorial.net/pojokasuransi.com

Untuk itu, guna menghindari issue duplicate content karena URL berbeda untuk artikel yang sama, kita harus memodifikasi file .htaccess dari pojokasuransi.com dengan menggunakan langkah-langkah berikut :

  1. Masuk ke folder addon domain di cPanel Anda.
  2. Saat muncul “File Manager Direction Selection” dialog box, centang “Show Hidden Files (dotfiles)” untuk memunculkan file .htaccess. Isi file .htaccess secara tipikal adalah seperti di bawah ini : 
  3. Modifikasi file .htaccess di atas dengan menyisipkan script di bawah ini (setelah RewriteRule./index.php [L] dan sebelum <IfModule>)  : 
  4. Sehingga, file .htaccess yang sudah termodifikasi menjadi terlihat sebagai berikut : 
  5. Simpan file .htaccess tersebut lalu lakukan test akses addon domain dengan mengetikkan berbagai variasi URL. Jika tidak ada problem muncul maka modifikasi .htaccess dinyatakan berhasil dan semua URL tersebut akan mengarah ke satu URL yang sama. 

Share this :

Previous
Next Post »
Give us your opinion