Cara Mudah Membuat File Video Ucapan Ultah dari File Gambar Tak Bergerak

July 21, 2021

Jika kita biasanya membuat kartu ucapan selamat ulang tahun dengan format file berupa jpeg atau format lain yang merupakan still image maka bagaimana jika gambar tak begerak itu kemudian dibuat dalam bentuk file video ?.

Dengan cara yang sederhana, kita bisa menyulap file still image menjadi file video yang dapat kita tambahkan background music dengan periode atau durasi waktu tertentu misalnya 30 detik (agar dapat dipakai untuk update status Whatsapp yang dibatasi durasi waktu penayangan maksimum 30 detik).

Untuk membuat sebuah video dari still image dengan ditambah background musik dengan durasi waktu 30 detik dapat dilakukan dengan aplikasi android denga pentahapan sebagai berikut :

Buka aplikasi YouCut di perangkat handphone android Anda lalu klik tombol [+] untuk membuat proyek baru (new project). 

youcut

Pilih [Photo] untuk menambahkan file kartu ucapan ulang tahun yang sebelumnya sudah dibuat di aplikasi image editing seperti Canva. Klik tanda panah ke kanan [-->] untuk melanjutkan proses selanjutnya. 

Tentukan ukuran atau dimensi file video yang akan dibuat, apakah akan disesuaikan dengan ukuran asli photo yang diimport alias Free, 1:1, 4:5, 16:9, 9:16, dan seterusnya. Caranya dengan memilih menu [Crop]. Jika tidak kelihatan icon-nya, geser bagian deretan menu berbentuk icon di layar ke kanan sampai ditemukan menu tersebut. 

Secara default, YouCut akan menampilkan still image tersebut dengan durasi 4 detik. Bagaimana caranya agar dapat diperpanjang menjadi 30 detik ?. Anda bisa melakukannya dengan cara mengubah durasi waktu dari 4 detik menjadi 30 detik dengan cara mengklik layer image tersebut lalu pilih [Duration]. 
Selanjutnya, geser titik bulat berwarna merah ke arah ujung kanan sehingga maksimum durasinya berubah menjadi 30 detik. Pilih tanda centang [ ] untuk proses berikutnya. 

Anda bisa menambahkan background musik (berupa file .mp3) sesuai dengan keinginan, misal untuk video ucapan selamat ulang tahun, kita bisa menambahkan file musik bertema ulang tahun. Tempatkan vertical bar di ujung kiri video (pada detik 0:00.0) lalu pilih [Music].


Cari file .mp3 pada folder perangkat handphone android Anda lalu pilih [Use]. Agar efek musik menjadi lebih smooth saat mulai diperdengarkan dan saat akhir, gunakan menu [Fade] untuk mengatur volume musik di awal dan akhir video. Pilih [Save] untuk menyelesaikan seluruh proses pembuatan video di aplikasi YouCut. 

Kini Anda sudah dapat membuat sebuah video bertema ucapan selamat ulang tahun yang merupakan gabungan beberapa file yaitu file still image (.jpg) dan file musik (.mp3) dengan menetapkan durasi waktu tertentu (30 detik). File video ini selanjutnya dapat diekspor untuk dipakai sebagai status Whatsapp atau dikirim ke orang tertentu.

Namun bagaimana jika ukuran file video yang dihasilkan terlalu besar sehingga tidak cukup efisien untuk dikirimkan ke orang lain via internet ?. Anda bisa menggunakan aplikasi khusus pengkompress file video guna mengurangi file yang sudah Anda buat. Setelah dikompress barulah file tersebut dapat Anda kirim ke orang lain tanpa khawatir banyak menghabiskan jatah quota internet Anda.     

Share this :

Previous
Next Post »
Give us your opinion