Cara Mudah Mengetahui Lokasi Server Hosting Menggunakan Check-Host

July 17, 2021

Ketika kita mendapat penawaran paket hosting, mungkin kita akan diinformasikan tentang lokasi server yang akan digunakan, misal di kota Jakarta, Singapura, New York, dan lain-lain.

Lokasi penempatan server juga bermanfaat saat kita hendak memutuskan untuk menentukan pengunjung yang spesifik berdasarkan negara tertarget. Namun bagaimana cara memastikan bahwa lokasi server yang akan digunakan akan sama dengan yang benar-benar dipakai ?.

Untuk mengecek lokasi server hosting, Anda dapat memanfaatkan fasilitas pencarian lokasi server yang disediakan oleh Check-Host. Caranya sebagai berikut  :

  • Akses ke https://check-host.net melalui browser Anda.
  • Masukkan nama domain yang sudah Anda miliki pada kolom kosong yang tersedia lalu klik [Info]. Selanjutnya akan muncul sejumlah data dari server tersebut seperti IP address, host name, IP range, ISP, country, dan sebagainya. Sebagai contoh, lokasi server domain pojokasuransi.com berada di Jakarta, Indonesia.
Check-Host sendiri adalah perangkat pemeriksaan server yang ringan dan modern. Dengan pemakaian yang simple alias sederhana, pemilik blog atau website dapat memonitor keberadaan server beserta IP addressnya. 

Beberapa fitur yang tersedia di menu Check-Host dan dapat digunakan oleh pemilik blog atau website atau siapapun antara lain :

  • Info. Berguna untuk mengecek data IP dan hostname seperti IP range, ISP, organisasi, negara, wilayah, kota, kode pos, time zone dan local time. Namun demikian, info real dari server Anda tidak akan terbaca jika Anda menggunakan layanan CDN seperti Cloudflare, Incapsula, dan sejenisnya.
  • Ping. Anda dapat melihat dan mengetest aksesibilitas server dan mengukur waktu respons dari suatu host tertentu ke tujuan.
  • HTTP. Digunakan untuk proses monitoring dan pengecekan kinerja dan ketersediaan URL dari banyak data center di seluruh dunia sehingga dapat dipantau waktu respons dari berbagai lokasi yang berbeda.
  • TCP Port. Akan mengecek kemungkinan koneksi TCP ke port tertentu dari lokasi yang berbeda di seluruh dunia.
  • DNS. Akan diperoleh informasi tentang hostname atau IP dari nameserver di seluruh dunia. Kita dapat dengan mudah memonitor dan mengecek update dari DNS records.   

Selamat mencoba !

Share this :

Previous
Next Post »
Give us your opinion