Google Tidak Bisa Mengembalikan Akun Email yang Dihapus Pengguna

July 16, 2021

Awalnya saya hendak mencoba masuk ke email akun yang dulu pernah dibuat namun saya delete karena waktu itu tidak ingin saya pakai.

Dalam perjalanan waktu, saya mencoba untuk memperoleh akun Gmail tersebut. Pertama dengan cara login ke email account tersebut namun dinyatakan tidak ada Google Account atas nama dimaksud (Couldn't find your Google Account).


Karena dianggap sudah tidak ada akun itu maka saya mencoba membuat akun baru dengan nama yang sama (Create account - For myself). Isian yang diminta berupa nama depan (first name), nama belakang (last name), username (saya pakai username lama), serta password. Setelah klik tombol “Next” ternyata tidak bisa dilanjutkan prosesnya karena dinyatakan username-nya sudah digunakan (That username is taken. Try another). 

google
Google menyarankan untuk menggunakan username lain. Hal ini agak mengherankan mengingat bahwa manakala saya melakukan login dengan username tersebut di awal, dinyatakan bahwa akun tersebut tidak ditemukan di Google Account. Dengan asumsi dapat digunakan kembali maka saya mendaftarkan nama yang sama namun tetap tidak bisa dipakai dengan alasan username sudah diambil orang. Mengherankan bukan ?. Saya pun mencoba untuk login kembali dengan username yang lama itu (Sign in instead) namun tetap saja tidak bisa lanjut karena username-nya tidak ditemukan di Google Account.  

Mengapa hal itu bisa terjadi ?. Dalam diskusi yang berlangsung di support.google.com diperoleh informasi bahwa jika sesorang pernah memiliki Google Account lalu menghapus atau men-delete-nya maka akun itu tidak memungkinkan untuk digunakan lagi meskipun tidak ada orang lain yang mengambil alih akun itu. Maka tidak ada pilihan lain selain membuat akun baru yang berbeda dengan akun sebelumnya.

Penjelasan resmi dari Google tentang hal ini dapat dilihat di https://support.google.com/mail/answer/56256 dimana beberapa hal yang membuat kamu tidak dapat memperoleh alamat Gmail yang kamu minta adalah sebagai berikut :

  • Already being used.
  • Very similar to an existing username.
  • The same as a username that someone used in the past and then deleted.
  • Reserved by Google to prevent spam or abuse.

Demikian sharing saya kali ini. Semoga bermanfaat buat Anda semua.

Share this :

First
Give us your opinion