Cara Mudah Membuat Konten Video di HP dengan Aplikasi YouCut

August 01, 2021

Bagi sebagian besar orang, membuat video content yang menarik masih menjadi hal yang sulit dilakukan, namun dengan adanya aplikasi ini, orang awam pun akan dapat membuatnya dengan mudah.

Aplikasi YouCut yang menawarkan 2 (dua) versi yaitu Free dan Premium adalah sebuah aplikasi editing video yang dibuat oleh developer yang berbasis di Hongkong. Istimewanya, aplikasi ini dapat memproduksi hasil akhir video tanpa ada watermark sehingga video yang dihasilkan lebih terlihat profesional. Khusus untuk versi Premium, pengguna akan mendapatkan sejumlah tambahan fitur seperti no ads evermore, no limitation of photo or videos import at a time, and unlock all premium music and effects. 

YouCut

Sejumlah fitur editing yang tersedia di aplikasi ini antara lain trim video, adjust video volume, adjust video speed, import images, add music, adjust video ratio, add background color for videos, add subtitles, copy video, edit music, etc.

Untuk dapat menggunakan aplikasi ini Anda terlebih dahulu harus mendownload dan menginstal melalui Play Store yang berukuran sekitar 71 (tujuh puluh satu) MB.

YouCut
Selanjutnya buka aplikasi YouCut tersebut dan klik tombol lingkaran bertanda “+”. Tambahkan file video yang sudah Anda siapkan sebagai materi utama pembuatan video content yang akan Anda buat. Klik tanda bergambar panah ke kanan “-->” untuk proses selanjutnya. Jika video tersebut hendak diupload ke Instagram dimana dibatasi durasinya maksimum 60 detik atau 1 menit maka jika diperlukan, lakukan proses pemotongan video dengan menggunakan menu Trim. Misal pada video yang saya upload, total durasi video aslinya mencapai 1 menit 33 detik sehingga saya harus memotong di beberapa bagian agar jumlah total durasi video akhir tidak melebihi 1 menit. Caranya adalah dengan membagi terlebih dahulu video utuh tersebut menjadi 2 (dua) bagian. Klik “Trim” (icon bergambar gunting) lalu geser pembatas kiri dan kanan untuk memisahkan atau membuat video tersebut menjadi 2 (dua) bagian.
YouCut

Setelah itu, pilih “Split” agar video tadi terpecah menjadi 2 (dua) bagian yang terpisah. Kembali ke halaman video editor, kini ada 2 (dua) file video yang terpisah, lalu pada bagian video yang hendak kita buang, kita pilih, lalu pilih “Delete” (icon bergambar tempat sampah) untuk mendeletenya. Kini durasi video sudah berkurang menjadi di bawah 1 menit.

Selanjutnya, kita bisa menambahkan background musik sebagai efek tambahan. Caranya pilih “Music” lalu cari file musik mp3 yang ada di HP, lalu pilih tombol “USE”. Karena durasi mp3 yang ditambahkan melebihi durasi video utama, maka kita perlu menyesuaikan durasi musik latar tersebut. Caranya letakkan garis pemandu vertikal di ujung kanan video utama yang merupakan titik akhir dari video tersebut, lalu pilih blok warna kuning yang merupakan layer musik latar yang hendak disesuaikan durasinya. Selanjutnya geser tanda panah di ujung kanan file musik dan geser ke arah kiri agar mendekati atau sama dengan posisi akhir video utama. Berikutnya gunakan fasilitas “fade in” dan “fade out” pada musik latar tersebut yaitu dengan mengklik kembali layer musik lalu pilih menu “Fade”. Kita dapat mengatur pola transisi volume fade in dan fade out tersebut dengan menggeser-geser titik warna merah pada masing-masing settingan. Dalam contoh yang saya buat, saya memilih memaksimalkan fade in dan fade out dengan menggeser titik merah ke paling kanan. Jika sudah, pilih tombol centang untuk menyelesaikan bagian ini.
YouCut

Berikutnya, volume musik latar akan saya kurangi karena menganggu suara asli orang yang ada pada video utama. Caranya klik kembali layer musik, lalu pilih “Volume”. Geser titik penanda berwarna merah lalu geser ke kiri untuk mengurangi volume musik (bisa juga diatur volume pada video utama). Jika sudah sesuai, pilih tanda centang untuk menyelesaikan bagian ini.

YouCut

Jika ingin ditambahkan text pada video tersebut maka tinggal klik “Text” lalu isikan dengan kata-kata yang Anda inginkan. Apabila terdapat 2 (dua) atau lebih paragraf maka kita cukup copy dan pastekan text pertama yang sudah dibuat dan tinggal diganti dengan isi kalimat yang lain (klik gambar kertas bertumpuk pada sebelah kiri bawah frame text). Dengan demikian maka ukuran dan jenis font yang dipakai akan terjaga keseragamannya. Setelah selesai, klik tanda centang kembali untuk menyelesaikan bagian ini. Text kedua harus dipindah agar sejajar di sebelah kanan dari text pertama agar diperoleh efek bergantian sesuai durasi waktu yang berjalan dan tidak menumpuk pada suatu posisi waktu tertentu (caranya dengan menahan layer text kedua lalu pindahkan atau geser ke layer text pertama namun diposisikan di bagian sebelah kanan). 

YouCut

Apabila sudah tidak ada lagi proses editing yang diperlukan maka klik tombol “SAVE” dimana YouCut menyediakan beberapa pilihan kualitas akhir video mulai dari high quality, medium quality, and low quality. Proses konversi akan membutuhkan beberapa menit sampai puluhan menit tergantung pada durasi video dan kualitas video keluaran yang dipilih. File akhir akan tersimpan di folder /storage/emulated/0/youcut dimana kita bisa langsung men-share video tersebut ke berbagai platform media sosial seperti WhatsApp, Instagram, dan lain-lain. Namun jika ukuran file hasil akhir video dirasa terlalu besar maka file tersebut dapat dikompress menggunakan aplikasi kompressor video.  

YouCut

Share this :

Latest
Previous
Next Post »
Give us your opinion